Tuesday, April 23, 2013

Fakultas Pertanian UNS


Sejarah Singkat Fakultas Pertanian UNS

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (FP UNS) yang didirikan tahun 1976, merupakan salah satu lembaga pendidikan negeri terkemuka di Jawa Tengah  yang mencetak tenaga profesional dan tenaga akademik di bidang pertanian.
       Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta semula berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Swasta yang tergabung dalam Universitas Gabungan Surakarta. Selanjutnya Universitas Gabungan Surakarta diresmikan menjadi Universitas Negeri pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No 10 tahun 1976, tertanggal 8 Maret 1976 semula bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret disingkat UNS.
Pada awal kelahirannya Fakultas Pertanian UNS mempunyai dua Jurusan  yaitu : Jurusan Budidaya Pertanian (BP)  dan Sosial Ekonomi Pertanian (Sosek). Jurusan Budidaya Pertanian (BP) mempunyai dua program studi yaitu Agronomi dan Ilmu Tanah, sedangkan Sosial Ekonomi Pertaian (Sosek) mempunyai dua program studi yaitu Ekonomi Pertanian dan Sosiologi Pedesaan (Berdasarkan SK Ditjen Dikti No. 39/Dikti/Kep/1984, tanggal 20 Juni 1984).   Dalam perkembangan berikutnya tahun 1996 melalui Surat Keputusan Ditjen Dikti No. 222/ DIKTI/ Kep/1996 tanggal 11 Juli 1996, Fakultas Pertanian UNS diputuskan memiliki 4 Program Studi, yaitu: Agronomi, Ilmu Tanah, Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis), Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP); dan sejak tahun 1997 dengan dikeluarkannya SK Ditjen Dikti No. 446/DIKTI/Kep/1997 tanggal 5 Desember 1997, bertambah satu Program Studi, yaitu Produksi Ternak. Sesuai surat Ditjen DIKTI Nomor: 2782/D/T/2004 tangal 16 Juli 2004 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian  (S1) pada Universitas Sebelas Maret, maka  Tahun Akademik 2004/2005 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret membuka program studi baru yakni Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP).
      Untuk memberi kesempatan bagi lulusan Diploma I, II, dan III serta untuk menampung lulusan SLTA yang tidak mendapat kesempatan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai kemauan kuat meneruskan jenjang S-1, maka sejak tahun 1995 Fakultas Pertanian menyelenggarakan Program Non Reguler berdasarkan SK Dikti No. 119/DIKTI/ KEP/1996 dan No. 443/DIKTI/ KEP/1996, tanggal 26 Agustus 1996 untuk Program Studi Agronomi dan Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis), dan SK Rektor No. 128/J27.PP/1997, tanggal 06 Juni 1997 untuk Program Studi Ilmu Tanah.
         Seiring dengan dinamika yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi, maka mulai tanggal 29 Nopember 2007 pemerintah melalui Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional mengeluarkan SK No. 163/DIKTI/KEP/2007 yang berisi tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi, sehingga Fakultas Pertanian yang sebelumnya memiliki enam Jurusan/Program Studi dengan proses merger menjadi empat Program Studi yaitu Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi ( hasil penggabungan Jurusan/Program Studi Agronomi dengan Jurusan/Program Studi Ilmu Tanah), Program Studi Agribisnis (hasil penggabungan Jurusan/Program Studi Agrobisnis dengan Jurusan/Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian). Sedangkan untuk dua program studi yang lain tetap,  hanya berganti nama yaitu Jurusan/Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) berganti nama menjadi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) dan Jurusan/Program Studi Produksi Ternak berganti nama menjadi Program Studi Peternakan.

Visi dan Misi

Sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat terkemuka di bidang pertanian dan pengelolaan sumberdaya alam
Visi : FP UNS adalah sebagai penyelenggara pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian terpadu berkelanjutan yang unggul ditingkat internasional.
Misi : FP UNS adalah:
  1. Menyelenggarakan pendidikan pertanian terpadu berkelanjutan untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa dan kompeten di bidang pertanian terpadu berkelanjutan yang berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi pembangunan pertanian terpadu berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian terpadu berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, berkepribadian dan berpengetahuan, berkemampuan dan berketerampilan dibidang pertanian terpadu berkelanjutan.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif dan unggul berbasis penelitian untuk pengembangan pertanian terpadu berkelanjutan.
  3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan  masyarakat dengan basis pertanian terpadu berkelanjutan.

Dosen, Karyawan dan Mahasiswa

Tenaga pengajar di Fakultas Pertanian UNS sebanyak 166 orang terdiri dari 18 Profesor (Guru Besar), 42 Doktor, 120 orang Magister / Master, dan 4 orang Sarjana. Jumlah tenaga administrasi sebanyak 72 orang.
Jumlah mahasiswa pada seluruh jenjang mulai D3 dan S-1 pada tahun akademik 2010/2011 berjumlah 2200 orang.

Produk, Sains dan Teknologi Unggulan

Fakultas Pertanian UNS telah mengembangkan dan menghasilkan berbagai produk antara lain berupa benih dan tanaman unggul, bibit hasil kultur jaringan, pupuk organik / anorganik, produk herbal dan berbagai jenis minuman dan makanan olahan.
Sains dan teknologi yang telah dikembangkan dan dihasilkan oleh Fakultas Pertanian UNS antara lain dibidang budidaya tanaman holtikutura dan tanaman, pemuliaan tanaman, pertanian organik, pupuk, tanah, pengelolaan DAS dan lingkungan, pengelolaan lahan kering, pestisida hayati, pengendalian hama / penyakit terpadu, bioteknologi untuk pertanian, kultur jaringan, pasca panen, agribisnis, sosiologi pedesaan, serta teknologi komunikasi dan penyuluhan dibidang pertanian, peternakan dan pengelolaan hasil.

Laboratorium

Sarana laboratorium meliputi :Program Studi Agroteknologi :
  1. Jurusan Agronomi:
    • Laboratorium Ekologi & Manajemen Produksi Tanaman
    • Laboratorium Hama & Penyakit Tumbuhan
    • Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi
    • Laboratorium Pemuliaan Tanaman
  2. Jurusan Ilmu Tanah
    • Laboratorium Fisika & Konservasi Tanah
    • Laboratorium Pedologi & Survei Tanah
    • Laboratorium Kimia & Kesuburan Tanah
    • Laboratorium Biologi Tanah
Program Studi Peternakan :
  1. Jurusan Peternakan
    • Laboratorium Sosial Ekonomi Peternakan
    • Laboratorium Nutrisi & Makanan Ternak
    • Laboratorium Produksi Ternak
    • Laboratorium Pengolahan Hasil Ternak
Program Studi Agribisnis :
  1. Jurusan SOSEK/Agrobisnis
    • Laboratorium Manajemen Agrobisnis
    • Laboratorium Ekonomi Pertanian
  2. Jurusan/Program Studi Penyuluhan & Komunikasi Pertanian (PKP)
    • Laboratorium Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat
    • Laboratorium Sosiologi Pedesaan
    • Laboratorium Komunikasi Pertanian
  3. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan :
  4. Jurusan Ilmu dan Teknologi Hasil Pangan
    • Laboratorium Rekayasa Proses Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian
    • Laboratorium Pangan dan Gizi
Di samping laboratorium yang ada di FP UNS terdapat juga laboratorium sentral UNS (kimia, biologi dan fisika) dengan peralatan yang mutakhir.
Kursus dan Jasa Layanan
  • Layanan laboratorium, jasa lain, dan produk pertanian tersedia.
FP UNS membuka layanan laboratorium untuk analisis tanah, air, tanaman dan residu pestisida, layanan klinik tumbuhan, penyediaan bibit hasil kultur jaringan, jasa rekomendasi kesesuaian lahan, pengelolaan lahan kering, pertanian organik, pembuatan peta sumberdaya lahan, studi agribisnis, analisa pakan, peternakan dan lain-lain.
  • Tersedia tenaga ahli dalam lingkup pertanian.
Tersedia tenaga ahli berpengalaman dalam lingkup pertanian, mulai dari agronomi, hortikultura, pemuliaan tanaman, ilmu tanah dan pengelolaan lingkungan, agroforetry, agribisnis, sosiologi pedesaan, komunikasi dan penyuluhan pertanian, hama dan penyakit tumbuhan dan produksi ternak.

Website Resmi Fakultas Pertanian UNS : www.fp.uns.ac.id


No comments:

Post a Comment

Post a Comment